Cara Mengenali Diri yang Benar

advertise here
Bismillah walhamdulillah....

Kilas Singkat Akan Mengenal Diri Sejati

Mengenal diri sendiri merupakan jalan pintas untuk bermakrifat kepada Sang Pencipta Segenap makhluk, Allah SWT. Mengenai hal tersebut, Abu Raksa coba search di internet. Tiap tulisan hampir Abu Raksa buka satu per satu. Tentunya saja tidak semuanya saya buka berkenaan banyaknya alamat situs yang muncul dengan kata kunci 'ilmu mengenal diri, makrifat, ilmu hakikat dan sebagainya'.

Sebagian tulisan ada yang berkenan dengan hati, banyak juga yang malah bertolak belakang dengan hati nurani. Apalagi jika ujung-ujungnya mereka menjual paket pelatihan, dimulai dari pelatihan mental sampai yang berbau mistik.


Miris memang, apabila anda belajar melalui internet, sikap kehatia-hatian amatlah perlu. Bahkan direkomendasikan untuk membandingkan antara satu sama lainnya, jangan sampai kita masuk kepada pintu yang salah dan mengantarkan kita ke dalam ruangan gelap gulita.

Memandang banyaknya salah kaprah dalam menggeluti ilmu pengenalan diri. Abu Raksa yang awam ini mencoba untuk berbagi atas pengalaman dalam menapaki ilmu pengenalan diri ini. 

Saudaraku sekalian, ilmu pengenalan diri pada dasarnya adalah sebuah metode dari satu cabang ilmu, yakni ilmu tauhid atau tasawuf. Namun berkenaan dengan  populernya penggunaan istilah ilmu mengenal diri, Abu Raksa tulis seperti itu guna lebih mudah diterima oleh masyarakat yang haus akan kebenaran akan hakikat diri sejatinya diri.

6 Langkah Benar Dalam Mengenali Diri Sendiri


Sebetulnya banyak kata yang ingin diungkap di awal, namun takut malah mengaburkan esensi dari tulisan, akan Abu Raksa coba tulis seringan dan sesingkat mungkin.

Dalam mengenal diri seyogyanya dilakukan dengan cara yang baik dan dengan pemahaman awal yang benar. Karena jika satu saja ada yang tidak benar dari kedua itu akan melahirkan sesuatu yang salah. Untuk itu di awal perjalanan dalam mengenali diri yang benar, Abu Raksa sarankan:
  1. Mengambil metode sesuai tuntunan syariat Islam. Jika saudara mendapati hal yang diajarkan oleh guru pembimbing kita menyalahi dari aturan syariat islam, maka segeralah tinggalkan guru tersebut. Minta ampunan dan hidayah kepada Allah SWT.
  2. Mencari guru pembimbing. Guru pembimbing ini diharuskan orang yang telah benar memiliki pengalaman batin dalam menggali diri. Teruslah berdo'a dalam sujud dan akhir shalat kita untuk dipertemukan dengan orang yang mampu mengantarkan kita ke hadirat Allah SWT.
  3. Memupuk diri dengan ilmu tauhid. Hal ini (ilmu tauhid) selain diwajibkan kepada seluruh umat manusia yang telah akil baligh, melalui ilmu tauhid pula untuk mempercepat dalam proses bermakrifat kepada Allah SWT. Karena pada dasarnya metode mengenal diri adalah salah satu cara untuk mampu bertauhid secara mutlak kepada Allah SWT.
  4. Menyempurnakan syariat. Gemar melakukan ibadah wajib dan sunat sesuai dengan menyempurnakan fiqihnya, berupaya sekuat diri terhindar dari perbuatan dosa.
  5. Menyempurnakan akhlak. Anda pasti setuju bahwasanya akhlak daripada para Rasul, nabi, wali adalah akhlak yang mulia pada mereka. Cobalah kita selalu memperbaiki setiap tingkah laku dzahir maupun batin kita.
  6. Dzikir kepada Allah. Inti dari semua langkah di atas terkumpul pada langkah keenam ini.
Itulah 6 cara mengenal diri sendiri dengan baik dan benar, dijauhkan dari jalan kesesatan. Karena sesungguhnya jalan menuju Allah dan jalan menuju iblis terlaknat itu sangatlah hampir serupa. Jangan sampai di dunia ini kita merasa sebagai hamba Allah, namun di akhirat nanti kita divonis sebagai hambanya setan terkutuk, naudzubillah.

Dari 6 langkah tersebut, akan Abu Raksa coba jelaskan satu per satu melalui beberapa tulisan yang akan diposting kemudian hari. Semoga Allah SWT memberi kekuatan terhadap itu semua, guna menyinari kelamnya lubuk hati. Tidak ada daya upaya dan kekuatan hanya milik Allah saja.

Abu Raksa juga meyakini, tidak serta muncul itikad untuk menulis tulisan ini kecuali semuanya (yang muncul dalam kehendak) adalah mutlak pemberian Allah SWT.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah kepada kita semua. Ihdinas shirotol mustaqim.... 




Searches related to Cara Mengenali Diri yang Benar

cara mengenali diri sendiri menurut islammengenal diri sendiri mengenal allahpengertian mengenal diri sendiricara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, cara mengenal diri dalam ilmu tasawuf, cara mengenal diri sendiri sebelum mengenal allah, rahasia mengenal diri, mengenali diri sendiri psikologi

Click to comment