Dzikir Sebagai Bentuk Taubat Kepada Allah

advertise here
Fungsi Dzikir, Bentuk Taubat, hidayah Allah
Bismillah walhamdulillah,

Semoga shalawat serta salam tetap tercurahkan bagi kekasih tercinta Sayyidina Muhammad Rasulullah,

Bagi yang membuka halaman ini, Abu Raksa mengajak kepada saudara untuk berdzikir khofi (sirr) dalam hati dengan mengucap, Allah Allah Allah....

Biarkan lafadz tersebut merasuk ke dalam hati menenangkan jiwa kita.

Baca: Menggapai Ketenangan Hati Dengan Dzikir Kepada Allah SWT


Semoga pula hidayah Allah SWT menerangi hati kita dengan berdzikir. Karena hidayah Allah diberikan olehNya kepada hamba-hambanya yang bertaubat kepada Allah SWT. Sedangkan dzikir kepada Allah SWT adalah salah satu syarat untuk bertaubat kepadaNya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ar-Ra'du ayat 27-29:

وَيَقُولُ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ لَوۡلَآ أُنزِلَ عَلَيۡهِ ءَايَةٞ مِّن رَّبِّهِۦۚ قُلۡ إِنَّ ٱللَّهَ يُضِلُّ مَن يَشَآءُ وَيَهۡدِيٓ إِلَيۡهِ مَنۡ أَنَابَ ٢٧ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِۗ أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ ٢٨ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ طُوبَىٰ لَهُمۡ وَحُسۡنُ مَ‍َٔابٖ ٢٩

Artinya: "27. Orang-orang kafir berkata: "Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) tanda (mukjizat) dari Tuhannya?" Katakanlah: "Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan menunjuki orang-orang yang bertaubat kepada-Nya, 28. (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram, 29. Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik"

Pada ayat 27 Allah menegaskan akan memberikan hidayah kepada orang-orang yang bertaubat. Di ayat-ayat selanjutnya (28-29), dijelaskan bahwa orang yang bertaubat itu adalah orang beriman yang mengingat Allah / berdzikir (pada ayat 28). Juga orang yang bertaubat adalah orang-orang beriman yang melakukan amal shaleh / kebaikan (pada ayat 29).

Dzikir Sebagai Gerbang Mendapat Pengampunan Allah


Sehingga jelas sudah bahwa orang yang ingin bertaubat dan tidak terlepas hidayah darinya ialah orang yang berdzikir kepada Allah. Maka bohong jika seseorang mengatakan bertaubat kepada Allah dari segala dosa yang dilakukan, tetapi tidak melakukan dzikir kepada Allah SWT.

Untuk Mengetahu Macam Dzikir, Silahkan Baca: Download Kitab Miftahus Shudur Karangan Abah Anom


Abu Raksa juga menyimpulkan dari ayat tersebut di atas dapat dipahami bahwasanya dzikir kepada Allah adalah pintu gerbang menuju pengampunan Allah SWT. Insya Allah dalam setiap dzikir kita adalah sesungguhnya Allah memberikan pengampunan kepada hamba-hambanya yang mengingatNya.

Semoga diri kita termasuk orang yang mendapat ampunan Allah SWT. Jika para saudara sekalian merasa diri telah melakukan banyak dosa, maka segerakanlah diri untuk meminta ampunan Allah dengan jalan berdzikir (mengingat) kepadaNya. Maka tidak ada dosa sebesar apapun yang tidak akan diampuni oleh Sang Maha Pengampun.

Ayo bersegeralah, jangan menunda-nunda lagi sebelum syetan terkutuk hinggap kepada hati kita dan membebani hati dengan kemalasan untuk meminta ampunan dari Allah.

Billahi fie sabilil haq,
Wassalamu a'laikum wr. wb.

Click to comment