Pentingnya Liquiditas Saat Menjalankan Investasi

advertise here
Pentingnya Liquiditas Saat Menjalankan Investasi

Didalam dunia finansial dan investasi, liquiditas merupakan salah satu istilah yang umum digunakan. Liquiditas berarti tingkat kemudahan suatu investasi atau barang agar dapat dicairkan dalam bentuk uang. Hal ini jadi hal yang sangat penting terutama apabila Anda seorang investor yang baru mau mulai berinvestasi. Tapi, mengapa liquiditas dirasa sangat penting? Berikut ini ulasan mengenai pentingnya liquiditas ketika Anda menjalankan investasi.

Membantu Anda dalam kondisi terdesak


Salah satu hal yang membuat liquiditas dalam sebuah skema investasi terasa sangat penting yakni ketika Anda berada pada kondisi yang mendesak secara finansial. Pada saat kondisi tersebut, Anda tentu membutuhkan dana dalam jumlah yang tidak sedikit agar dapat memenuhi kebutuhan Anda. Karena, apabila investasi yang Anda jalani kurang liquid, maka hal tersebut tidak dapat membantu Anda ketika butuh dana mendesak dan bisa merugikan Anda karena akan lebih baik jika mengalokasikan uang Anda dalam bentuk simpanan dibandingkan investasi apabila tidak liquid. Oleh karena itu, sebelum mulai menjalankan suatu skema investasi, pastikan investasi tersebut merupakan investasi yang liquid sehingga akan membantu Anda ketika butuh dana dalam kondisi terdesak.

Mengurangi risiko saat investasi


Pernahkah Anda khawatir jika uang yang Anda investasikan digelapkan atau menghilang begitu saja? Jika iya, maka biasanya risiko tersebut hadir karena skema investasi yang Anda jalani kurang liquid. Investasi yang tidak liquid biasanya baru memperbolehkan investornya untuk mengambil uang investasi beserta imbal hasilnya dalam jangka waktu tertentu. Tak hanya itu, investasi bodong juga biasanya tidak liquid sehingga Anda perlu memperhatikan secara betul apakah skema investasi yang akan Anda jalani tergolong liquid atau tidak agar dapat mengurangi risiko ketika berinvestasi.

Memperhatikan liquiditas ketika berinvestasi sangatlah penting seperti yang telah diulas diatas. Karena, investasi yang baik merupakan investasi yang menguntungkan para investornya serta tidak membuat mereka merugi karena risiko yang terlalu besar. Oleh karena itu, selalu perhatikan liquiditas suatu skema investasi sebelum mulai melakukan investasi.

Click to comment