Perawatan Bayi Prematur yang Anda Perlu Ketahui dan Pahami

advertise here
Perawatan Bayi Prematur yang Anda Perlu Ketahui dan Pahami

Halo Moms, anda tidak perlu bersedih dan khawatir berlebihan ketika bayi anda terlahir prematur. Justru anda harus lebih siaga untuk merawatnya.

Penting kita tahu Moms, bayi yang lahir prematur harus selalu dalam pengawasan tenaga kesehatan. Setelah lahir biasanya, ia akan menginap di dalam NICU untuk memulihkan kondisinya. Lalu setelah dinyatakan sehat, dokter akan mengizinkan Mom membawa Si Kecil pulang ke rumah. Namun, mungkin Anda merasa sedikit khawatir karena harus merawatnya sendiri tanpa bantuan langsung dari tenaga kesehatan. Singkirkan perasaan Anda itu. 

Nah, berikut adalah beberapa perawatan bayi prematur yang perlu anda ketahui.
  1. Pastikan kondisi bayi anda sudah layak untuk dibawa pulang. Salah satu contoh bayi yang sudah layak dibawa pulang adalah bayi yang sudah mencapai bobot 1,8 kg dan juga harus diiringi dengan kondisi kesehatan yang baik, dalam arti tidak ada kondisi penyulit, seperti kelainan atau infeksi
  2. Bawa pulang bayi anda dengan menggendongnya dan pastikan alat gendong yang anda gunakan sudah dicuci dengan menggunakan deterjen khusus baju bayi. Deterjen ini tidaklah mahal, apalagi jika anda memilih produk Sleek Baby yang mana harga produk Sleek Baby cukup murah dan berkualitas baik.
  3. Saat sesampainya di rumah, jagalah suhu ruangan anda. Bayi prematur belum mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga Moms perlu menjaga suhu ruangan agar tetap hangat. DR. Dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), Ketua IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) Cabang Jakarta, menekankan pentingnya menjaga suhu penyejuk ruangan (AC) agar tidak kurang dari 26 derajat Celcius. Sedangkan, suhu tubuh Si Kecil perlu mencapai suhu 37 derajat Celcius. Untuk menjaga bayi tetap hangat, gunakan juga metode kangguru. Yaitu metode menggendong bayi skin to skin sehingga bayi bisa merasakan suhu tubuh anda dan ia akan tetap hangat.

Itulah beberapa perawatan bayi premature yang sekiranya perlu anda ketahui. Ingat, jangan panic, waspada dan siaga saja.

Click to comment