Amalan Utama Di Malam Lailatul Qadar

advertise here
amalan utama, malam lailatul, lailatul qadar, malam lailatul qadar

Alhamdulillahiraabbil a'lamin,

Segala segala puji kami panjatkan kepada ilahi robbi yang telah menyampaikan kita pada akhir-akhir bulan Romadhon. karena sesungguhnya Sebagaimana telah kita ketahui dari para ulama bahwasanya malam Lailatul Qadar adalah pada 10 hari terakhir pada bulan Romadhon. 

Untuk itu, pada saat 10 hari terakhir tersebut kita dianjurkan untuk meningkatkan tingkat ibadah kita. Seperti; berdzikir, itikaf, mengaji Alquran. Lalu, apakah ada doa khusus atau amalan utama di malam lailatul qadar?

 Sebuah hadits sahih bersumber dari kitab Sunan Al-Tirmidzi, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Syu’ab Al-Iman dan Mustadrak ‘Ala Al-Shahihain.

عَنْ عَائِشَةَ ، قَالَتْ : قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا ؟ قَالَ : قُولِي : اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
Dari Aisyah yang berkata, “Saya bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu jika saya mendapati malam lailatul Qadar, apa yang harus aku baca?’ Rasulullah bersabda, ‘Bacalah: Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.’” (HR. Al-Tirmidzi)

Hadits tersebut mengandung makna kita senantiasa memohon ampunan di malam yang lebih mulia dari seribu Bulan. Adapun doa tersebut di atas bisa kita pakai untuk memohon ampunan dari Allah subhanahu wa ta'ala. Semoga ga dengan kemuliaan malam Lailatul Qadar kita diberi ampunan oleh Allah Azza wa Jalla sehingga kita menjadi bersih dari segala dosa dan terhindar dari siksa neraka. Itulah mengapa pada sepertiga terakhir bulan Ramadan adalah disebut sebagai itqun minannar atau pembebasan dari siksa api neraka.
Maka perbanyaklah berdo'a:
اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

 Semoga kita semua termasuk kepada orang-orang yang yang mendapat pengampunan dari Allah Azza wa Jalla pada malam lailatul qadar sehingga Kita terbebas dari siksa api neraka. Ini memiliki makna bahwa sanya setelah mendapat pembebasan dari siksa api neraka adalah setelah itu, kita berperilaku seperti layaknya orang Taqwa dan sebenar-benarnya taqwa.



Click to comment